Kamis, 14 April 2011

Perkembangbiakan hewan/tumbuhan.


Setiap makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan berbeda-beda.
1.   Hewan
a.   Bertelur (ovipar)
Perkembangan embrio di dalam telur hingga menetas terjadi di luar tubuh induk. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ini:
1)   berbagai jenis ikan,
2)   katak,
3)   berbagai jenis unggas (contohnya ayam, itik, dan burung beo),
4)   beberapa reptil (contohnya kura-kura, buaya, dan cecak).
b.   Melahirkan (vivipar)
Hewan yang melahirkan biasanya mempunyai cirri berdaun telinga, bernapas menggunakan paru-paru, dan memiliki puting susu. Hewan yang berkembang biak dengan cara ini disebut juga mamalia karena memiliki kelenjar susu.Contohnya: tikus, kelinci, kuda, dan lumba-lumba.
c.   Bertelur dan melahirkan (ovovivipar)
Beberapa hewan bertelur mengalami perkembangan embrio di dalam tubuh induk hingga siap menetas. Setelah menetas, individu baru tersebut keluar dari tubuh induk. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. Contohnya beberapa jenis kadal dan ular.
d.   Fragmentasi (membelahdiri)
Hewan yang berkembang biak dengan cara ini mampu membentuk individu baru dari bagian potongan tubuhnya. Contohnya Planaria (cacing pipih).
e.   Tunas
Tunas terbentuk dari dinding tubuh induk yang menonjol. Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas yaitu Hydra dan anemon laut.
2.   Tumbuhan
Perkembangbiakan tumbuhan ada yang dilakukan dengan biji (secara generatif) dan adapula yang tidak (secara vegetatif). Perkembangbiakan secara vegetatif dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh tumbuhan selain biji. Contohnya batang, pucuk, dan daun.
a.   Perkembangbiakan generatif
Tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini selalu diawali dengan penyerbukan pada bunga. Penyerbukan yaitu menempelnya serbuk sari di kepala putik.

Penyerbukan kemudian diikuti dengan proses pembuahan sehingga terbentuk biji. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini yaitu mangga, jeruk, dan jambu.
b.   Perkembangbiakan vegetatif
Perkembangbiakan vegetatif ada dua macam yaitu alami dan buatan.
Pada perkembangbiakan vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terdiri dari spora, tunas, umbi batang, akar tinggal, umbi lapis, umbi akar,dan geragih. Pada perkembangbiakan vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan terdiri dari cangkok, setek, dan runduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar