Kamis, 14 April 2011

Manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan/lingkungan.


Beberapa jenis hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

1.   Jenis-Jenis Hewan dan Tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia
a.   Badak
Badak diburu untuk diambi lculanya. Cula badak digunakan sebaga iobat.
b.   Burung Cenderawasih
Burung cenderawasih jantan memiliki bulu yang sangat indah. Manusia memburu burung ini untuk diambil bulunya. Bulu cenderawasih digunakan untuk membuat topi dan hiasan-hiasan di rumah.
c.   Buaya
Buaya diburu untuk diambil kulitnya. Kulit buaya digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti tas, sepatu, atau ikat pinggang.
d.   Harimau
Harimau diburu untuk diambil kulit, tulang, dan taringnya. Kulit harimau dijadikan perhiasan. Tulang dan taring harimau untuk pengobatan tradisional.
e.   Gajah
Gajah diburu untuk diambil gadingnya. Gading gajah dapat dijadikan perhiasan rumah.
f.    Ular
Ular diburu untuk diambil daging dan kulitnya. Daging ular dijadikan minyak ular yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Kulit ular untuk membuat barang-barang kerajinan seperti tas, sepatu, dan ikat pinggang.

2.   Jenis-JenisTumbuhan yang bermanfaat bagi Manusia
a.   Ketela Pohon, Kunyit, dan Alang-Alang
Ketela pohon, kunyit, dan alang-alang dimanfaatkan akarnya. Akar ketela dan alang-alang dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Akar kunyit digunakan untuk bahan pewarna, penyedap makanan, dan jamu tradisional. Akar alang-alang digunakan untuk mengobati panas dalam.
b.   Tebu, Pohon Jati, Cendana, dan Sagu
Tebu, jati, cendana, dan sagu dapat dimanfaatkan batangnya. Batang tebu dimanfaatkan untuk membuat gula. Batang bangunan. Batang cendana digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Batang sagu digunakan sebagai bahan makanan.
c.   Bayam, Pandan, Jambu Biji, dan Sirih
Bayam, pandan, jambu biji, dan sirih dapat dimanfaatkan daunnya. Daun bayam dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Daun pandan dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Daun jambu biji untuk mengobati diare dan daun sirih untuk mengobati gatal-gatal.
d.   Mangga, Pisang, Pepaya, dan Jeruk
Mangga, Pisang, Pepaya, dan Jeruk dapat dimanfaatkan buahnya. sebagai bahan makanan.
e.   Mawar, Melati, dan Kenanga
Mawar, melati, dan kenanga dapat dimanfaatkan bunganya. Bunga mawar dan melati digunakan sebagai hiasan. Bunga kenanga digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik.
f.    Kacang Tanah, Jagung, dan Padi
Kacang tanah, jagung, dan padi dapat dimanfaatkan bijinya sebagai bahan makanan.

Beberapa jenis hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat bagi manusia. Namun, manusia memanfaatkannya secara berlebihan dengan melakukan perburuan liar. Akibatnya keberadaan beberapa jenis hewan dan tumbuhan mengalami kepunahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar